Senin, 10 Oktober 2011

PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE




1. Moodle 

         Moodle adalah sebuah paket perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengadakan kursus/pelatihan/pendidikan berbasis internet (Prakoso, 2005: 13). Moodle diberikan secara gratis sebagai perangkat lunak opensource (di bawah lisensi GNU Public License). Moodle dapat langsung bekerja tanpa modifikasi pada Unix, Linux, Windows, Mac OS X, Netware dan sistem lain yang mendukung PHP. Data diletakkan pada sebuah database. Data terbaik bagi Moodle adalah MySQL dan PostgreSQL dan tak menutup kemungkinan untuk pada Oracle, Acces, Interbase, ODBC, dan sebagainya. 

     Moodle didesain untuk mendukung kerangka konstruksi sosial (social construct) dalam pendidikan. Moodle termasuk dalam model CAL+CALT (Komputer Assisted Learning + Komputer Assisted Teaching) yang disebut LMS (Learning Management System). Moodle merupakan akronim dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle adalah sebuah jalan menuju pendidikan tanpa batas. Sebuah pionir yang akan membangun kreativitas dan pemikiran. Hal ini dapat diterapkan ketika moodle dibuat, dan ketika pengajar dan pendidik melakukan aktivitas pengajaran dalam pembelajaran online (Prakoso, 2005: 15). 

a. Desain Moodle 
        Desain moodle memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mengelola situs, pengguna yang terdaftar dalam situs, serta pelatihan yang dikelola oleh moodle. Moodle memberikan semua hal yang dibutuhkan untuk mengadakan pelatihan online melalui modul yang ada. Jadi, seperti inilah desain moodle: 


1) Mendukung pendagogi kontruksi sosial (kolaborasi, aktivitas, kritik refleksi,   dan sebagainya).

2) Sangat sesuai untuk kelas online dan dapat pula digunakan sebagai tambahan kelas tatap muka. 



3) Simple, ringan, efisien, dan antar muka browser sederhana. 


4) Mudah diinstal pada berbagai macam platform yang mendukung PHP. 


5) Abstraksi database moodle mendukung hampir semua merek database (kecuali definisi tabel). 

6) Daftar kursus/pelatihan yang diselenggarakan dilengkapi deskripsi dari setiap pelatihan yang ada. Selain itu, moodle juga memberikan akses bagi tamu (guest). 

7) Kategori kursus/pelatihan. Satu situs moodle mampu mendukung ribuan kursus/pelatihan. 

8) Penekanan yang tinggi pada sisi keamanan, pemeriksaan ulang terhadap formulir, validasi data, enskripsi cookie, dan sebagainya. 


9) Sebagian besar area entry, seperti resource (sumber/bahan pelatihan), forum, jurnal, dan sebagainya; dapat diedit menggunakan editor HTML WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang terintegrasi dalam moodle (Prakoso, 2005:48). 


b. Manajemen Moodle 
Untuk menyesuaikan desain yang ditentukan, diciptakan beberapa manajemen yang mendukung. Berikut akan disampaikan tiga tipe manajemen yang sangat signifikan dalam moodle. Manajemen dalam moodle memiliki: 


1) Manajemen situs

a) Situs dikelola oleh seorang administrator (admin). Admin ditetapkan ketika setup. 


b) Plug-in theme memungkinkan admin untuk memilih warna situs, lay out (tampilan), font (ukuran huruf) sesuai dengan kebutuhan. 


c) Paket bahasa memungkinkan penyesuaian ke dalam banyak bahasa. 

d) Kode moodle ditulis menggunakan PHP. 




2) Manajemen pengguna 

a) Metode e-mail standar: murid dapat membuat acount login. Alamat e-mail yang diisikan ketika registrasi dapat diverifikasikan melalui konfirmasi. 


b) Setiap pengguna hanya membutuhkan satu account untuk semua server. Setiap account dapat memiliki akses yang berbeda.
 
c) Account admin mengatur pembuatan/pengadaan kursus dan mengelola pengajar melalui pendaftaran pengguna moodle ke dalam pelatihan yang ada. 


d) Kewenangan seorang pengajar dapat dihilangkan untuk memodifikasi sebuah kursus/pelatihan, misalnya bagi pengajar paruh waktu. 

e) Untuk meningkatkan keamananan, pengajar dapat menambahkan “kunci pendaftaran” pada pelatihan yang dikelolanya. Hal ini dilakukan untuk menghindari masuknya orang tak dikenal. Mereka dapat memberikan kunci ini secara langsung maupun melalui e-mail, dan sebagainya.


f) Pengaturan skala. Para pengajar dapat mendefinisikan skala yang akan digunakan dalam penilaian forum, penugasan, dan jurnal.

0 komentar:

Posting Komentar